cover
Contact Name
Wahyu Wiji Astuti
Contact Email
ahyu_wiji@yahoo.com
Phone
+6281375372028
Journal Mail Official
wahyu_wiji@yahoo.com
Editorial Address
Medan tembung
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
BAHAS
ISSN : 24427594     EISSN : 24427594     DOI : https://doi.org/10.24114/bhs.v32i1
Jurnal BAHAS memuat kajian-kajian tentang bahasa, sastra, seni dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 31, No 2 (2020): BAHAS" : 8 Documents clear
THEMATIC PROGRESSION IN THE STUDENTS’ WRITING RECOUNT TEXT Johannes Jefria Gultom; Terade M.T Barus
BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v31i2.20191

Abstract

AbstractThis study was aimed at investigating the types of theme and the pattern of thematic progression in students’ recount texts. The research was a descriptive qualitative research. It was conducted at SMP Maria Goretti Kabanjahe in North Sumatera. The subjects of the study were 35 students at ninth grade. The data were collected using documentation technique. The procedures of the analysis were: separating a text into clauses, identifying and classifying the types of theme of every clauses, and  identifying and classifying the pattern of thematic progression of the texts. There were 310 clauses found in the students’ writing. The findings showed that there are four types of theme in the students’ recount texts, namely: Unmarked Simple Theme (177/57%), Marked Simple Theme (6/2%), Unmarked Multiple Theme (97/31.4%), and Marked Multiple Theme (30/9.6%). In addition, the patterns of thematic progression found were Constant Theme Pattern (47/88%) and Simple Linear Pattern (5/12%). Keyword: Theme and Rheme, Thematic Progression, Recount Text
FLIP LEARNING-FLIP CLASSROOM, SEBUAH INOVASI DALAM PEMBELAJARAN, DI ERA COVID-19 I Wayan Dirgeyasa
BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v31i2.20192

Abstract

Abstract  Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (information communication and technology –ICT) dalam beberapa tahun terakhir berkembang dengan sangat cepat dan luas. Pada dasarnya, ICT telah digunakan diberbagai aspek kehidupan seperti perdagangan, industri, jasa, pendidikan dan sebagainya. Dalam bidang pendidikan, para pakar pendidikan dan pakar ICT berkolaborsi menciptakan berbagai inovasi pembelajaran berbasis ICT. FLIP learning dan atau FLIP classroom merupakan wujud nyata implementasi pembelajaran berbasis ICT dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar. Makalah ini mencoba membahas FLIP learning dan atau FLIP classroom sebagai model pembelajaran yang berbasis ICT dalam merespon sitausi pendemi COVID 19.  Kata kunci: Flip learning, Flip classroom, dan inovasi pemebalajaran, Covid 19 
PENERAPAN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MAN 2 MODEL MEDAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN KELAS XI TAHUN AJARAN 2019/2020 Surya M Hutagalung; Joshua Reynaldi Doli; Rini Rizki Amelia Pasaribu; Rizka Meilia Putri
BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v31i2.18999

Abstract

Penerapan penilaian hasil belajar Bahasa Jerman berdasarkan Kurikulum 2013 merupakan suatu alat yang sangat penting bagi keberhasilan pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Panduan penilaian Kurikulum 2013 juga menjelaskan mengenai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang mengacu pada SKL dengan mempertimbangkan karakteristik pelajaran dan peserta didik, serta kondisi pada satuan pendidikan. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik terbagi menjadi tiga penilaian, yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. MAN 2 Model Medan sudah menerapkan Kurikulum 2013. Teknik yang sering dilakukan pada penilaian hasil belajar khususnya penilaian sikap adalah teknik penilaian jurnal dan teknik observasi. Teknik yang sering dilakukan pada penilaian hasil belajar khususnya penilaian pengetahuan adalah teknik penilaian melalui tes tulis dan tes lisan. Teknik yang sering dilakukan pada penilaian hasil belajar khususnya penilaian keterampilan adalah teknik penilaian praktek. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.Kata Kunci: Penerapan Penilaian, Kurikulum 2013, Bahasa Jerman.
KREASI KAIN FLANEL PADA T-SHIRT Netty Juliana
BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v31i2.20193

Abstract

Kegiatan kreatifitas mahasiswa di lingkungan Pendidikan Tata Busana Unimed pada kegiatan IPTEKS pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengahasilkan hasil karya produk yang inovatif, kreatif, dan bernilai seni, serta memiliki nilai fungsi pada masyarakat konsumen. Kegiatan kretifitas yang dilakukan berupa mendesain kreasi flanel pada busana T-shirt anak. Kreasi ragam hias flanel diapliksikan diatas permukaan bahan busana T-shirt tampak depan. Prodak yang dihasilkan yakni pertama, menghasilkan prodak busana T-shirt merah dengan ide gagas flaura (stilasi bunga melati), fauna (stilasi kupu-kupu), dan huruf abjad (stilasi huruf abjad). Produk kedua menghasilkan busana T-shirt kuning dengan ide gagas flaura (stilasi rerumputan), fauna (stilasi kodok dan lebah), dan bentuk alam (stilasi awan putih). Keseluruhan ide gagas tersebut diaplikasikan pada kreasi serta kreatifitas mengolah bahan flanel yang dibentuk sesuai konsep desain busana T-shirt anak. Maka ilmu pengetahuan dan keterampilan yang ada dapat menciptakan lapangan kerja baru dibidang home industri busana T-shirt anak. Sehingga prodak baru yang dihasilkan dapat dipasarkan secara lokal, nasional, hingga mancanegara, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Prodak kreasi flanel pada busana T-shirt anak menjadi ide gagas baru pada generasi muda dalam peningkatan serta pengembangan kreatifitas prodak yang inovatif yang memiliki nilai fungsi dan nilai seni. Kata kunci: Kreasi, Flanel, T-shirt, Anak Abstract The creative activities of the students in the area of Unimed Clothing Science at the Community Service of the Science and Technology Service aim to produce works that are innovative, creative and of artistic value and have a functional value in the consumer society. Creative activities in the form of flannel creations in children's t-shirt clothing. Flannel decorative creations are applied to the surface of the t-shirt clothing material and look forward. The first product produced was a red t-shirt fashion product with the idea of Gagas Flaura (stylized jasmine flowers), Fauna (stylized butterfly) and letters of the alphabet (stylized letters of the alphabet). The second product produced a yellow t-shirt fashion with the idea of flaura (stylized grass), fauna (toad and bee style) and natural shapes (white cloud style). The whole idea of the idea is applied to the creation and creativity of the processing of flannel material, which is made according to the concept of a child's t-shirt fashion design. The existing knowledge and skills can create new jobs in the home industry of children's t-shirt fashion. So that the newly manufactured products can be marketed locally, nationally and abroad and the economy of the community can be improved. Flannel creation products in children's T-shirts are a new idea for the young generation to improve and develop innovative Prodak creativity that has functional and artistic value.                                                      Keywords: creation, flannel, t-shirt, kids 
REINTERPRETASI DAN REPRODUKSI CERITA ANAK SUMATERA UTARA Wahyu Wiji Astuti; Muhammad Anggi J Daulay; Muhammad Oki F Gafary; Muhammad Hafidz Assalam
BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v31i2.19001

Abstract

Proses perkembangan anak membutuhkan teladan yang baik sebab seorang anak adalah peniru ulung. Apa yang diamatinya akan begitu mudah untuk ditiru dan direkam dalam proses kehidupannya. Maka dari itu, perlu adanya penanaman nilai-nilai luhur pada anak yang salah satunya dapat dilakukan melalui karya sastra. Salah satu bentuk sastra anak adalah cerita anak, yang biasanya diambil dari cerita rakyat. Problematikanya adalah banyak cerita anak yang diambil dari cerita rakyat ternyata mengandung unsur-unsur yang tidak dapat diterima psikologi anak. Berbekal itu, maka cerita anak perlu direinterpretasi dan direproduksi untuk menghadirkan cerita yang layak anak. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi cerita anak 8 etnis Sumatera Utara yang tidak layak anak, 2) menghadirkan interpretasi baru terhadap cerita anak tersebut, 3) menghasilkan cerita anak dalam bentuk digital. Dalam langkah kerjanya, penelitian ini diawali dari observasi, interpretasi ulang dan reproduksi cerita anak ke dalam bentuk digital. Hasil penelitian ini adalah interpretasi baru cerita rakyat Legenda Danau Toba dan Legenda Lau Kawar di Sumatera Utara menjadi sastra anak dengan memperhatikan konten, struktur, nilai serta bentuk sastra yang sesuai dengan kognitif anak.  Selanjutnya reproduksi dilakukan dengan menggubah cerita rakyat Legenda Danau Toba dan Legenda Lau Kawar menjadi komik anak dalam bentuk digital. Komik digital tersebut merupakan aplikasi yang dapat dibaca dan diunduh melalui ponsel dari aplikasi playstore. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum.
EVENT DEKLARASI KEPENGURUSAN ORGANISASI ATAU KOMUNITAS INDONESIAN BASS FAMILY (IBF) CHAPTER SUMATERA UTARA PERIODE 2019-2024 DI KOTA MEDAN Danny Ivanno Ritonga
BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v31i2.20194

Abstract

Komunitas yang baik selalu memberikan warna baru dalam pengelolaan suatu kumpulan. Komunitas harus dapat membangkitkan semangat kepada para anggotanya. Komunitas juga merupakan suatu wilayah kehidupan sosial yang ditandai oleh suatu derajat hubungan sosial yang tertentu. Dasar-dasar dari pada komunitas adalah lokalitas dan perasaan masyarakat setempat.IBF Chapter Sumut sebagai suatu komunitas seni musik dengan visi dan misi yang jelas, serta menjunjung tinggi semboyan (motto) “Bersama Dalam Perbedaan”.Event yang diadakan ini merupakan suatu agenda, kegiatan atau festival tertentu yang menunjukkan, menampilkan dan mendeklarasikan organisasi IBF Chapter Sumatera Utara dengan tujuan mengkomunikasikan pesan-pesan kepada para tamu undangan yang berasal dari organisasi musik lainnya yang ada di Medan. Organisasi IBF hadir untuk menjadi wadah bagi para musisi untuk mengembangkan minat dan bakat mereka, walaupun anggotanya hadir dengan latar belakang yang berbeda-beda. Kata Kunci : Organisasi, Komunitas, Event, IBF Chapter Sumut
DESCRIPTIVE TEXT: DEVELOPING MEDIA BY USING POP UP POSTER Ade Aini Nuran; Yeni Erlita
BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v31i2.19156

Abstract

Abstract  This research was aimed to develop appropriate, interesting and attractive writing media in teaching descriptive text for tenth grade students. Due to the result in the form of product, this research was conducted by using Research and Development (R&D) design. In conducting this research, the procedures were gathering the data and information, conducting the need analysis, designing the first draft of media, revising the media, and producing the final product as the pop up poster. The instruments of collecting data were the combination of two strategies; interview and questionnaires. The interview and questionnaire result proved that the students need writing media. The product had been validated by the experts. The overall assessments are 92.8. It means that developing writing media categorized as relevant for tenth grade students.Keywords: Developing writing media, Descriptive Text, Research and Development (R&D), Popup Poster
THE WORLD IS TOO MUCH WITH US (WILLIAM WORDSWORTH) : SEBUAH ANALISIS SEMIOTIK Harsiwi Fajar Sari
BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v31i2.19407

Abstract

AbstrakWilliam Wordsworth merupakan salah satu sastrawan terbesar era Romantisme yang meyakini bahwa alam bukan hanya tentang keindahan saja, tetapi juga sebagai pengasuh dan penuntun hati nurani serta sumber moralitas. Alam dijadikan subjek pada beberapa karyanya, salah satunya pada puisi ”The World Is Too Much With Us”. Melalui pendekatan teori semiotik, makalah ini menganalisis tentang penggambaran hubungan antara manusia dan alam semesta pada puisi tersebut. Makalah ini menjelaskan bagaimana sikap manusia yang terlalu mementingkan diri sendiri, sehingga mereka mengabaikan hubungannya dengan alam semesta yang merupakan sumber kehidupan mereka. Dengan mengacu ke era Romantisme saat puisi ini ditulis, penulis melihat pengaruh dari Revolusi Iddustri yang terjadi pada masa itu, yang berdampak terhadap keseimbangan alam. Revolusi Industri menyebabkan, secara langsung maupun tidak, mayoritas manusia pada zaman tersebut lebih mementingkan kebutuhan pribadi dan mengabaikan alam. Padahal, seharusnya, keseimbangan alam tersebut seyogianya dijaga demi kelangsungan hidup manusia itu sendiri.Kata kunci: alam dan manusia, Romantisme, revolusi industri, wordsworth

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 34, No 1 (2023): BAHAS Vol 33, No 4 (2022): BAHAS Vol 33, No 3 (2022): BAHAS Vol 33, No 2 (2022): BAHAS Vol 33, No 1 (2022): BAHAS Vol 32, No 4 (2021): BAHAS Vol 32, No 3 (2021): BAHAS Vol 32, No 2 (2021): BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS Vol 31, No 4 (2020): BAHAS Vol 31, No 3 (2020): BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS Vol 31, No 1 (2020): BAHAS Vol 30, No 4 (2019): BAHAS Vol 30, No 3 (2019): BAHAS Vol 30, No 2 (2019): BAHAS Vol 30, No 1 (2019): BAHAS Vol 29, No 4 (2018): BAHAS Vol 29, No 3 (2018): BAHAS Vol 29, No 2 (2018): BAHAS Vol 29, No 1 (2018): BAHAS Vol 28, No 4 (2017): BAHAS Vol 28, No 3 (2017): BAHAS Vol 28, No 2 (2017): BAHAS Vol 28, No 1 (2017): BAHAS Vol 27, No 4 (2016): BAHAS Vol 27, No 3 (2016): BAHAS Vol 27, No 2 (2016): BAHAS Vol 27, No 1 (2016): BAHAS Vol 26, No 4 (2015): BAHAS Vol 26, No 3 (2015): BAHAS Vol 26, No 2 (2015): BAHAS Vol 26, No 1 (2015): BAHAS Vol 25, No 4 (2014): BAHAS Vol 25, No 3 (2014): BAHAS No 89 TH XL (2014): BAHAS No 86 TH 39 (2013): BAHAS No 85 TH 39 (2013): BAHAS No 85 TH 37 (2012): bahas No 84 TH 38 (2012): BAHAS No 83 TH 38 (2011): BAHAS No 82 TH 38 (2011): BAHAS No 81 TH 38 (2011): BAHAS No 80 TH 38 (2011): BAHAS No 80 TH 37 (2011): BAHAS No 79 TH 37 (2010): BAHAS No 78 TH 37 (2010): BAHAS No 77 TH 37 (2010): BAHAS No 76 TH 37 (2010): BAHAS No 75TH XXXVI (2009): BAHAS No 74TH XXXVI (2009): BAHAS No 73TH XXXVI (2009): BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS No 69TH XXXV (2008): BAHAS No 65TH XXXIV (2007): JURNAL BAHAS More Issue